Bolu Kukus GULA MERAH

bolkus

Postingan saya ni masih seputar kue tradisional. Resepnya saya dapatkan dari kawan FB Mbak Nila Ummu Hamzah (suwun nggih Mbak..). Awalnya saya merasa penasaran untuk membuktikan bahwa bolu kukus bisa merekah meski tanpa dimikser dan tanpa telur. Ternyata bener juga, dengan hanya diaduk-aduk lalu dituang…jadilah bolkus gulmer yang cantik, sedap baunya dan enak rasanya. Tekstur kue ini padat dan mengenyangkan sangat, berbeda dengan bolkus yang biasanya memakai telur dan dimikser.

Read more…

Kue CUCUR

Kue ini memang pasaran banget deh, dimana-mana ada kayaknya. Orang Jabar menyebutnya Cuhcur, sedangkan orang Madura menamainya Kucur. Bahannya mudah dan murah sekali, gulanya bisa menggunakan gula pasir maupun gula merah. Semuanya sama-sama nikmat…bikin yuuk? Oh ya, berhubung kandungan minyak kue ini cukup banyak, maka tidak disarankan mengkonsumsinya bagi yang sedang diet ketat. Kalo buat ibu hamil siiih ok ok saja…

cucur Read more…

Pandan Chiffon Cake

chiffon1

Saya telah membaca beberapa kisah tentang kegagalan para ibu ketika mencoba membuat chiffon cake. Ada yang gagal 2 kali, 3 kali bahkan sampai 10 kali…baru setelah itu berhasil. Nah, ketika saya hendak mencoba resep ini, saya jadi berpikir: saya akan gagal berapa kali ya??? Daan jawabannya adalah: saya tidak ingin gagal! Maka, saya coba cermati betul cara2 pembuatan chiffon cake ini, baik berbentuk tulisan maupun video dengan harapan saya tidak akan gagal. Masya Allah, doa saya dikabulkan Allah. Baru pertama kali mencoba, Allah menghendaki saya BERHASIL membuat chiffon cake. Alhamdulillaah, bahagiaaa sekali rasanya……. Read more…

Puding Busa Nan Lembuuut

puding busa

Puding adalah salah satu sajian yang tepat di cuaca yang panas begini. Apalagi sajian puding busa yang dingiin, mmmm semakin nikmat. Tekstur pudingnya lembuuut seperti kapas…cocok  bagi anda yang tidak anti/alergi telur. Membuatnya juga cukup mudah, asal komposisi cairannya tepat, putih telurnya benar2 kaku dan pengadukannya rata. Read more…

Japanese Cheese Cake (JCC)

Ini pertama kalinya saya mencoba membuat JCC dan Alhamdulillaah BERHASIL! Senangnya….jadi nggak merasa rugi deh belanja bahan-bahan yang agak mahal pas tanggal tua begini. Cakenya super lembuut, enaaak but lumayan berat alias sangat mengenyangkan karena kandungan creamnya banyak. Jadi kalau moms mau makan cake ini, sebelumnya kosongkan dulu perutnya supaya tidak sampai jadi eneg daan makanlah dengan potongan yang kecil.jcc

Tanpa topping apapun sudah enak, apalagi diberi tambahan topping selai stroberi, coklat atau lainnya…Untuk topping stroberi, contohnya seperti foto di bawah ini: Read more…

KARI AYAM/KARE AYAM sedaap tenan

kari ayam

Kare/kari memang sedaap sekali. Dimakan dengan lontong cocok, dimakan dengan nasi putih juga cocok. Isiannya pun tidak melulu harus ayam, bisa diganti dengan telur atau daging kambing/sapi. Semuanya sedaaap…

Read more…

Ikan Kembung Selar Bumbu Pedas

kembung

 

Dulu ketika masih kuliah di Bandung, saya hanya mengetahui ada 1 jenis ikan kembung saja di warung sayur. Eh, setelah tinggal di Jakarta, ternyata ada bermacam-macam jenis ikan kembung di tukang/penjual ikan. Ada kembung banjar, kembung selar daaan…entah apalagi namanya, lupa! Seperti orang sini sukaaa banget dengan ikan kembung ya? Untungnya kok nggak bikin perut jadi kembung setelah makan ikan ini, malah jadi kenyaang hehehe…

Nah kalo ibuk – ibuk pada bosan dengan menu ikan kembung goreng biasa, cobain deh resep satu ini siapa tahu cocok juga di lidah..

Read more…

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,453 other followers