Posts from the ‘Resep Bolu Kukus’ Category

Bolu Kukus PELANGI

PicsArt_1393651982243

Bolu kukus pelangi ini resepnya sama kok dengan bolu kukus biasanya. Pembedanya terletak pada cara penyusunan adonan dalam loyang. Adonan disusun seperti kalau kita membuat zebra cake, berselang-seling. O ya, saya menggunakan loyang bulat berdiameter 20 cm.

Hasilnya cukup cantik bukan???

Read more…

Bolu Kukus Pesawat Terbang


20131223_183245

” Wow! Ada pesawat terbang bisa dimakan…”

Anak-anak memang selalu menyukai sesuatu yang unik dan lucu.

Kali ini saya membuat bolu kukus menggunakan cetakan plastik bentuk pesawat terbang yang saya temukan saat berburu cetakan kue di Pasar Manukan Tandes Surabaya dulu. Belinya sudah lamaaa, tapi hampir tak pernah dipakai.

Tak dinyana, si Thole begitu suprise ketika melihat kue ini saya hidangkan, begitu juga ketika menggigitnya,”Mmmmmm enaaak.”

Baunya juga haruum karena menggunakan santan, bukan susu. Namun bila bunda ingin mengganti santan dengan susu ya tak masalah, boleh-boleh saja…

Read more…

Kue Mangkok

20131009_105044

Orang Jawa Timur biasa menyebut kue tradisional ini dengan sebutan kue mangkok.  Sedangkan di ‘negeri’ suami di Jawa Tengah, menyebutnya jamuran atau jemuran dengan pengucapan je seperti jerman …untung bukan jemuran baju ya hehehe…Apapun namanya n bentuknya, rasanya tetap sama : manis gula dan tape.

Saya mendapatkan resep ini dari sini nih, trus saya modifikasi sesuai selera dan kondisi. Hasilnya? Sama cantik dan enaknya kok.

Yuk kita ikuti step step pembuatannya di bawah ini.

Read more…

BoLU KUKUS

20131218_122002

Bolkus dengan cetakan agak besar, mekarnya lebih bagus

20130403_112028

Bolkus dengan cetakan kecil, mekarnya tak terlalu bagus

Membuat bolu klasik ini memang gampang-gampang sussah. Kadang bolunya mekar dengan suksesnya, kadang sebagian saja yang mekar…malah sering tidak satupun yang merekah. Maka sebelum membuatnya kita mesti banyak berdoa dan berharap supaya bolunya mau memekarkan diri. Hilangkan kesombongan, terlalu pede: pasti berhasil. Karena biasanya malah nggak jadi- jadi. Jadilah rendah hati…mudah-mudahan sukses menghampiri… aamiin. (Suksesnya nggak cuma pas bikin roti kukus aja ya..heheehe)

Read more…

BLACK FOREST Mungil

Sedikit berbeda dengan black forest resep saya yang dulu. Kue mungil ini dimatangkan dengan cara dikukus. Kemudian juga, hanya menggunakan minyak goreng sebagai pengganti mentega. Read more…

TIWUL AYU

Pernah dengar makanan bernama tiwul atau thiwul kan? Itu lho makanan tradisional Jawa atau jajanan pasar yang terbuat dari tepung gaplek, gula merah dan kelapa parut.

Nah, bagi yang belum tau tepung gaplek, saya beri tahu ya…tepung gaplek adalah tepung yang terbuat dari singkong kering, berwarna coklat dan berbeda dengan tepung kanji/tapioka yang berwarna putih itu. Bagaimana proses membuatnya, saya pun tak tahu, namun tepung gaplek ini dapat  kita jumpai umumnya di desa-desa. Pada jaman sekarang ini, lebih mudah mencari tepung terigu di toko-toko dibandingkan dengan mencari tepung gaplek. Entah kenapa, popularitasnya kok semakin menurun padahal kalau sudah dibuat jajanan thiwul, rasanya mmmm uenak tenan lho. Read more…

Bolu Kukus Ketan Hitam

Bolkus satu ini rasanya memang lain, karena menggunakan tepung ketan hitam bukan tepung terigu biasa. Lezat dan legit rasanya, apalagi bila dimakan dengan taburan kelapa parut, lebih sedap lagi. Membuatnya juga mudah, tak ada syarat bagian atasnya harus mekar/pecah seperti bolu kukus tepung terigu…..

Read more…

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,450 other followers