Posts from the ‘Resep Kue-Kue’ Category

Terang Bulan Setengah Mini (Martabak Manis)

PicsArt_1393650811823

 

Salah satu kebiasaan si Thole adalah, kalau dia menyukai jajanan yg dijual di pedagang kaki lima maupun yang ‘tidak berkaki’ : dia akan meminta kepada umminya untuk membuatkan kue tersebut di rumah.

Kebiasaan yang baik sekali karena jadi bisa menghemat rupiah, bisa menghasilkan jumlah kue yang cukup banyak dengan biaya yang wajar, dan supaya umminya jadi punya banyak kerjaan di rumah hehehe…

Alhamdulillah setelah gogling sana sini, nyoba beberapa kali..akhirnya saya merasa sudah bisa membuat kue terang bulan/martabak manis ini.  Maka dengan segala keterbatasan kemampuan tapi tetap pede (hehehe), saya ingin berbagi resep ini dengan para ibu. Silahkan disimak step-stepnya yang cukup mudah ini.

Oya saya menggunakan cetakan terang bulan berdiameter 10 cm, makanya saya sebut kue ini terang bulan setengah mini. Kalau ibu tidak punya, ibu bisa menggunakan cetakan kue lumpur….jadilah terang bulan mini.

Read more…

Wafel Pandan Wangiii

20140205_092126

 

 

Naah ini variasi lain dari kue wafel. Resep wafel ini menggunakan santan dan daun /esens pandan, jadi baunya harum pandan dan santan. Bagi yang tidak suka wafel coklat ataupun bosan dengan hidangan serba coklat, wafel pandan wangi ini bisa menjadi salah satu pilihan. Cara membuatnya sama persis dengan wafel coklat keju, hanya berbeda pada komposisinya.

Upss…tiba-tiba saya inget dengan ‘tukang’ beras ketika menulis judul wafel ini…

Mudah-mudahan tidak ada yang protes karena melanggar hak cipta merk beras ya..I hope..

Read more…

WAFEL COKLAT KEJU Sedaaap

Liburan akhir pekan enaknya ngapain ya??

Bikin kue yuuk..nih saya punya resep kue wafel enaak sekali: wafel coklat keju..

Dimakan biasa saja enak, apalagi ditambah saus coklat…tambah enak…

Oya habis bikin kue trus ngapain? Belanja? Mampir yuk ke tokoku bentar (uuuh promosiii….! yo ora po po to wong jenenge wae bakul….)

20140111_104616

Read more…

Telo Bakar

Resep kueh hari ini masih seputar TELO….bedanya dengan resep sebelumnya, bahan yang dipakai sekarang adalah telo kaspe alias singkong alias lagi ketela pohon. Kalau jajanan gethuk telo biasanya memakai kelapa parut, nah telo bakar ini pakai keju dan susu lalu dibakar. Mudah sekali membuatnya dan enak lo disantap anget-anget saat hujan-hujan begini.

20131117_055119

Read more…

Kue Lumpur TelO UnGU

Bisa berbagi sesuatu yang bermanfaat merupakan hiburan tersendiri. Meski tidak mendapat keuntungan berupa materi, namun hati yang bahagia karena telah berbagi adalah keuntungan yang jauh lebih berarti…betul khan?

Kali ini saya hendak mengajak Ibu-Ibu mengolah telo ungu atau ubi ungu. Yup, kalau Kota Malang terkenal dengan bakpao dan donat telonya..maka kita bikin yg lain daripade yang lain: kue lumpur telo ungu. Rasanya manis, gurih, legit daaaan mengenyangkan perut yang lapar. Cara membuatnya tidak beda dengan kue lumpur biasanya, hanya beda bahan pokoknya. Mudah dan cepat membuatnya.

Hayuk Bu..ikuti step-stepnya di bawah ini…

20131024_071937

Read more…

Kue Mangkok

20131009_105044

Orang Jawa Timur biasa menyebut kue tradisional ini dengan sebutan kue mangkok.  Sedangkan di ‘negeri’ suami di Jawa Tengah, menyebutnya jamuran atau jemuran dengan pengucapan je seperti jerman …untung bukan jemuran baju ya hehehe…Apapun namanya n bentuknya, rasanya tetap sama : manis gula dan tape.

Saya mendapatkan resep ini dari sini nih, trus saya modifikasi sesuai selera dan kondisi. Hasilnya? Sama cantik dan enaknya kok.

Yuk kita ikuti step step pembuatannya di bawah ini.

Read more…

Soufle Pisang Santan

 

Tak disangka-sangka rejeki nomplok datang tanpa diundang…Alhamdulillah.

Kakak datang membawa hasil kebun ortu kami berupa 2 sisir pisang raja nangka dan 1 sisir pisang ambon yang super besar.

Yang membuat pusing adalah bagaimana cara menghabiskannya dalam tempo yang sesingkat-singkatnya karena pisangnya sudah pada matang. Digoreng, dipanggang, dibuat onbietkoek..apalagi ya?

Akhirnya saya menemukan resep jadul: soufle pisang santan ini, enak dinikmati selagi hangat…..mudah pula membuatnya.

Read more…

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,450 other followers