Posts from the ‘Resep Kue Tradisional’ Category

Bolu Kukus GULA MERAH

bolkus

Postingan saya ni masih seputar kue tradisional. Resepnya saya dapatkan dari kawan FB Mbak Nila Ummu Hamzah (suwun nggih Mbak..). Awalnya saya merasa penasaran untuk membuktikan bahwa bolu kukus bisa merekah meski tanpa dimikser dan tanpa telur. Ternyata bener juga, dengan hanya diaduk-aduk lalu dituang…jadilah bolkus gulmer yang cantik, sedap baunya dan enak rasanya. Tekstur kue ini padat dan mengenyangkan sangat, berbeda dengan bolkus yang biasanya memakai telur dan dimikser.

Read more…

Kue CUCUR

Kue ini memang pasaran banget deh, dimana-mana ada kayaknya. Orang Jabar menyebutnya Cuhcur, sedangkan orang Madura menamainya Kucur. Bahannya mudah dan murah sekali, gulanya bisa menggunakan gula pasir maupun gula merah. Semuanya sama-sama nikmat…bikin yuuk? Oh ya, berhubung kandungan minyak kue ini cukup banyak, maka tidak disarankan mengkonsumsinya bagi yang sedang diet ketat. Kalo buat ibu hamil siiih ok ok saja…

cucur Read more…

RonDo RoYal Spesial

Namanya  unik ya? tapi begitulah nama kudapan khas daerah Jepara Jawa Tengah ini (katanya). Nama aliasnya adalah MONYOS, alias TAPE GORENG. Tapi bukan tape goreng biasa lho…karena sebelum digoreng tape ini dicampuri bahan macem-macem sehingga rasanya lebih istimewa dibanding tape goreng biasanya…

rondo royal Read more…

Tips Membuat Singkong Goreng Renyah n Gurih Tanpa MSG

 

singkong

 

Hehehe tanggal tua postingannya yang murah meriah saja: singkong goreng atau pohong goreng kata orang Suroboyo sana. Meskipun tidak selevel n sekeren dengan aneka cake dan roti di bakery shop namun makanan ini masih cukup digemari sebagian masyarakat Indonesia. Buktinya? para tukang sayur di kota Jakarta dan sekitarnya rajin membawa umbi-umbian ini dan biasanya lariiis manis.

Kunci utama sukses membuat singkong goreng adalah pemilihan singkongnya. Sebaiknya singkong yang dipilih adalah singkong yang masih baru dipetik dan dari jenis yang tidak kacel (apa ya Bahasa Indonesianya kacel ibu-ibu?). Kacel itu maksudnya tidak bisa mekar kalau direbus/dikukus.

Tips selanjutnya? Simak di bawah ini:

Read more…

Wafel Pandan Wangiii

20140205_092126

 

 

Naah ini variasi lain dari kue wafel. Resep wafel ini menggunakan santan dan daun /esens pandan, jadi baunya harum pandan dan santan. Bagi yang tidak suka wafel coklat ataupun bosan dengan hidangan serba coklat, wafel pandan wangi ini bisa menjadi salah satu pilihan. Cara membuatnya sama persis dengan wafel coklat keju, hanya berbeda pada komposisinya.

Upss…tiba-tiba saya inget dengan ‘tukang’ beras ketika menulis judul wafel ini…

Mudah-mudahan tidak ada yang protes karena melanggar hak cipta merk beras ya..I hope..

Read more…

Jajanan Pasar : KUE NOGOSARI

20131214_164559

 

Moms suka jajanan pasar? Tentunya kenal dong sama jajanan satu ini…

Betul, nogosari adalah salah satu jenis kue tradisional Jawa. Pisang raja dibalut dengan tepung beras lalu dikukus.

Untuk kudapan di musim hujan begini..cuocok sekali, apalagi membuatnya juga tidak terlalu sulit.

Di Pasar Minggu n Ciledug  saya belum pernah ketemu sama penjual kue nogosari.  Kalaupun ada penjual kue yang dibungkus daun pisang, biasanya isinya lontong nasi isi oncom, bacang, lemper ataupun lemet/utri. Jadi kalau saya sedang ‘ngidam’ nogosari ya mesti membuat sendiri.

Waah bisa jadi peluang usaha juga nih ya….na’am ..na’am.

Mangga’ atuh ditingali heula kumaha step-step masakna:

Read more…

Telo Bakar

Resep kueh hari ini masih seputar TELO….bedanya dengan resep sebelumnya, bahan yang dipakai sekarang adalah telo kaspe alias singkong alias lagi ketela pohon. Kalau jajanan gethuk telo biasanya memakai kelapa parut, nah telo bakar ini pakai keju dan susu lalu dibakar. Mudah sekali membuatnya dan enak lo disantap anget-anget saat hujan-hujan begini.

20131117_055119

Read more…

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,453 other followers