Repost: Membuat Bubuk Kaldu Ayam Sehat Non MSG Sendiri

kaldu ayam bubuk Sekitar seminggu yang lalu, seorang kawan di FB menshare status temannya tentang tema ini. Sayang sekali saya lupa namanya sehingga tidak bisa mencantumkan nama beliau sebagai narsum. Insya Allah kalau nanti ketemu namanya, saya akan mencantumkannya…atau adakah yang tahu?

Bubuk kaldu ayam ini mudah membuatnya, bahannya pun mudah didapatkan. Cuma…mengerjakannya memang butuh waktu yang agak lama karena harus menyangrai dan mengoven sampai kering. Meski begitu, tidak ada salahnya kita mencoba membuat bumbu praktis ini karena bisa mengurangi pemakaian kaldu bubuk ber msg. Mau bikin ayam goreng tepung, tempe goreng tepung atau cumi goreng tepung dan masakan apaa saja jadi lebih praktis dan lebih enak. Lebih sehat juga kaan…

Oya, tekstur bubuk kaldu saya terlihat agak kasar ya? Mohon dimaklumi karena saya menggunakan food processor manual alias uleg-uleg dan cowet/layah hehehe. Memang hasilnya tidak selembut bila memakai food processor elektrik, tapi yang penting…yang penting….rasanya Buk!

Read more…

Cumi Masak Belimbing Wuluh

cumi

Hmm belimbing wuluh lagi…

Yups, mumpung persediaan di pohon sedang cukup banyak jadi SDA yang ada dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk keperluan masak memasak. Kali ini yang jadi sasaran masak pake belimbing wuluh adalah cumi-cumi. Produk laut kan pada umumnya beraroma amis sehingga banyak orang ‘pedalaman’ yang tidak tahan dan enggan mengkonsumsinya. Pemakaian belimbing wuluh ternyata dapat mengurangi bau amis tersebut sekaligus memberikan rasa segar pada masakan. Makannya juga jadi tidak eneg..yuk disimak cara mengolah cumi nggak pake bau amis.

Read more…

WeDang n Es Belimbing Wuluh

wedang belimbing wuluh

Ceritanya kemarin saya panen buah belimbing wuluh untuk pertama kalinya setelah menanam pohonnya sekitar satu tahun yang lalu. Alhamdulillaah dapat segenggam buah yang sudah besar-besar. Tapi jadi bingung, buat apaa ya enaknya. Berhubung sedang tidak ingin memasak garang asem, pepes, asem-asem maupun kunir asem, akhirnya saya buatlah wedang belimbing wuluh. Kebetulan orang2 serumah sedang agak flu, maka penyajian minuman ini tepat sekali. Bahkan bisa menjadi obat lho Moms karena memang belimbing wuluh ini merupakan salah satu sumber vitamin C. Rasanya ? Manis asem segaaar, mirip sedikit dengan wedang jeruk nipis.

Read more…

Siomay Ayam Sehat Kaya Serat

dimsumMas Tholeku ini sukaa sekali makan siomay. Setiap ada kesempatan dia pasti membelinya, bahkan kalau lagi ketagihan dia akan membeli siomay setiap sore. Nah, kali ini saya ingin memberi kejutan berupa siomay ala ummi. Alhamdulillaah ternyata mendapat sambutan hangat dari Mas Thole. Padahal sempat khawatir dia tidak menyukainya, karena saya tambahkan labu siam di dalamnya. Ternyata penambahan labu siam pada siomay tidak mempengaruhi rasanya, tetap asli rasa siomay. hanya warna siomay jadi agak kehijauan karena saya menggunakan labu siam yg imut imut, yang biasa dipakai sebagai lalapan orang Sunda. Moms mau mencoba membuat siomay sendiri juga? Silahkan ikuti step-step di bawah ini.

Read more…

PUDING Kacang Hijau

kcg ijo puding

Hihihihi jangan boring dengan cetakan puding saya yang itu-ituuuu saja ya moms. Sepertinya saya memang kurang berminat untuk berkreasi membentuk puding dengan cetakan yang bermacam-macam. Saya lebih tertarik dengan kreasi bahan-bahan penyusun pudingnya.

Kali ini saya menggunakan sari kacang hijau yang sangat bergizi, sehingga memberi nilai tambah nutrisi pada puding. Rasanya juga lezat plus sehat meskipun tidak ditambahkan santan. So, sajian ini untuk anak-anak maupun mereka yang malas mengunyah kacang hijau dalam bentuk bubur atau kolak. Read more…

Bolu Kukus GULA MERAH

bolkus

Postingan saya ni masih seputar kue tradisional. Resepnya saya dapatkan dari kawan FB Mbak Nila Ummu Hamzah (suwun nggih Mbak..). Awalnya saya merasa penasaran untuk membuktikan bahwa bolu kukus bisa merekah meski tanpa dimikser dan tanpa telur. Ternyata bener juga, dengan hanya diaduk-aduk lalu dituang…jadilah bolkus gulmer yang cantik, sedap baunya dan enak rasanya. Tekstur kue ini padat dan mengenyangkan sangat, berbeda dengan bolkus yang biasanya memakai telur dan dimikser.

Read more…

Kue CUCUR

Kue ini memang pasaran banget deh, dimana-mana ada kayaknya. Orang Jabar menyebutnya Cuhcur, sedangkan orang Madura menamainya Kucur. Bahannya mudah dan murah sekali, gulanya bisa menggunakan gula pasir maupun gula merah. Semuanya sama-sama nikmat…bikin yuuk? Oh ya, berhubung kandungan minyak kue ini cukup banyak, maka tidak disarankan mengkonsumsinya bagi yang sedang diet ketat. Kalo buat ibu hamil siiih ok ok saja…

cucur Read more…

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,673 other followers