Bahan:

500g kacang tanah dengan kulit ari-nya

250g gula pasir

200g tepung terigu

50g tepung beras

1 butir telur ayam

Garam sedikit

Vanili secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih kacang tanah, kemudian dijemur sampai benar-benar kering. Oya, jangan sampai kulit arinya di/terkelupas, karena kulit ari ini yang memudahkan penempelan adonan tepung pada kacang tanah.
  2. Siapkan dalam wadah kering: gula pasir dan telur. Selanjutnya aduk-aduk dengan tangan campuran gula dan telur tersebut sampai gula larut dan telur terkocok rata.
  3. Masukkan garam dan vanili, aduk hingga merata.
  4. Tuang kacang tanah yang sudah dikeringkan dalam adonan gula+telur, aduk kembali  kacang tanah sampai seluruh bagian permukaannya berselaput gula+telur.
  5. Terakhir, masukkah campuran tepung terigu dan tepung beras. Kacang tanah dibolak-balik sampai permukaan masing-masing berlapis tepung dan lebih ‘kering’ (tidak lengket lagi). Pisahkan kacang tanah yang bergerombol (saling menempel), sehingga kita mendapatkan kacang tanah yang terlapisi secara sempurna (rata) di seluruh sisinya.
  6. Supaya kacang tanah terpisah sempurna, pindahkan dalam wadah yang lebar (contohnya: tampah atau nampan). Bila perlu tambahkan tepung terigu supaya perlengketannya berkurang.
  7. Panaskan minyak, goreng tanah sedikit demi sedikit. Tiriskan, kemudian simpan dalam toples yang tutupnya rapat. Jangan lupa, biarkan dulu kacang tanah menjadi dingin, baru ditutup supaya tetap renyah.

Selamat mencoba!