Biasanya, saya paling malas membuat perkedel kentang. Memang mudah membuatnya, tapi saya tidak menyukai prosedurnya yang bertele-tele: mengukus kentang, mengupasnya lalu menghaluskannya, baru memberi bumbu dan tambahan isi. Sehingga saya jarang sekali membuat perkede kentang.

Nah… pada suatu hari, suami pulang dari kantor sambi menenteng sebuah kresek hitam. Katanya hadiah untuk saya. Berhubung penasaran, langsung saya menengok isi kresek tersebut, dan ternyata saya menemukan dua bungkus……

Tepung perkedel kentang instan !!

Surprise sekali, ini inovasi baru yang sangat memanjakan ibu-ibu erte. Saya tidak harus susah payah melakukan prosedur yang tidak saya sukai di atas.

Yang saya lakukan hanyalah:

  1. Menuang tepung bumbu perkedel tersebut dalam baskom, memberinya air secukupnya…dan kita akan mendapatkan tekstur tepung berubah menjadi seperti kentang kukus yang sudah dilumatkan!
  2. Selanjutnya pun cukup mudah: menambahkan sedikit garam dan gula pasir (sebenarnya tepung ini sudah dibumbui bawang putih, garam dan merica), irisan daun bawang. Lebih enak lagi bila ditambahkan cincangan daging sapi atau ayam, atau corned beef, sesuka anda.
  3. Membentuk adonan perkedel menjadi bulatan-bulatan kecil.
  4. Mencelupkan dalam kocokan telur dan goreng di atas api sedang.
  5. Hasilnya…sungguh menawan, padat dan tidak pecah.

Silahkan anda mencobanya, Insya Allah langsung berhasil.