Makanan yang dibakar selalu mengundang selera, karena aroma yang tercium sangat khas dan harum, pokoknya nggak sampai gosong aja mbakarnya^^. Salah satunya Gurame bakar kesukaan keluarga kami ini.


Bahan:

1 kg ikan gurame (isinya bisa 2-3 ekor)

7 siung bawang putih

1,5 sdm ketumbar

1 ruas jari jempol kunyit

2 sdm garam

kecap manis secukupnya

lalapan: ketimun, daun kubis/selada, daun kemangi dsb.


Bahan sambal:

cabe rawit, cabe merah, tomat besar potong 4, garam, gula pasir, gula merah, terasi, minyak goreng untuk menumis.


Mengolahnya:

1. Bersihkan ikan, cuci lalu kerat-kerat sisinya.

2. Haluskan bawang putih, garam, ketumbar, kunyit. Masukkan bumbu tersebut dalam wadah berisi ikan gurame. Tuang air secukupnya dan tambahkan kecap. Rendam ikan dalam bumbu selama beberapa jam (semalaman) di dalam kulkas.

3. Panaskan pembakar ikan. Ambil ikan dari wadah perendam, olesi sisi yang dibakar dengan kecap, lalu bakar dengan api sedang. Bila sudah matang, olesi bagian atas ikan dengan kecap, balikkan dan bakar sampai matang. Lakukan beberapa kali sampai anda yakin ikan sudah cukup matang. Jangan lupa setiap akan membalik ikan, tuangi dulu dengan kecap manis. Angkat, sajikan di piring.

4.Sambal: goreng cabe, tomat, terasi, gula merah. Lalu tuang bahan samba tersebut ke cobek, ditambahi garam dan gula pasir sedikit, haluskan. Sambal dan lalapan siap menemani ikan gurame bakar. Plus nasi hangat, jangan lupa^^.