Kreasi kali ini saya mencoba memanfaatkan tepung kentang yang masih ada 1 bungkus menjadi penganan lain. Pilihan jatuh pada kroket karena memiliki bahan dasar yang sama: kentang lumat.

Yuk ikuti cara membuatnya…

Bahan:

1 bungkus tepung kentang

1 butir telur

air secukupnya

tepung panir kasar secukupnya

Bahan isian:

daging sapi cincang, jamur merang cincang, irisan daun bawang, irisan bawang putih, irisan bawang bombay, garam, merica, gula pasir, saus tiram, minyak wijen, minyak goreng

(maaf…takarannya dikira-kira sendiri ya, sesuai selera, tapi jangan terlalu banyak daging dan jamurnya karena hanya dibutuhkan sedikit untuk mengisi kroket)

Cara membuat:

1. Isian: tumis bawang putih dan bawang bombay dalam campuran minyak goreng dan minyak wijen. Bila telah harum, masukkan daging dan jamur. Bumbui dengan garam, merica dan gula. Menjelang diangkat, masukkan saus tiram dan irisan bawang daun. Aduk-aduk sebentar. Angkat, sisihkan.

2. Tempatkan tepung kentang dallam baskom. Tuangi air secukupnya sehingga tekstur kentang tidak terlalu padat dan tidak terlalu lembek.

3. Ambil 1,5 sdm adonan kentang, letakkan dalam lembaran plastik kemudian pipihkan. Masukkan isian daging+jamur 0,5 sdm di bagian tengah. Gulung adonan kentang dan bentuklah menjadi lonjong atau bulat 9 atau sesuai selera^^. Lakukan sampai adonan kentang habis.


4. Celupkan kroket pada kocokan telur, lalu gulingkan pada tepung panir. Sesudah itu gorenglah dalam minyak yang cukup banyak dan panas. Sajikan dan..nikmati dengan cabe rawit atau cocolan sambal botol.