Anak-anak sering minta dibuatkan kue donat. Padahal di sekitar rumah banyak penjual donat dengan toping yang sangat menarik dan menggiurkanAlasan utamanya adalah: donat yang dijual terlalu besar ukurannya sehingga sering tidak habis. Mereka senang makan kue yang kecil-kecil dan banyak daripada satu tapi bessar. Ya sudahlah akhirnya saya pun membuatkan donat kampung untuk mereka. Alhamdulillah, mereka selalu menyukainya meski penampilannya tak seindah yang ada di toko-toko.

20131227_063612

Donat kentang dengan toping keju dan coklat beras

Donat kentang dengan toping gula pasir halus

Bahan:

300 kg tepung terigu

1 butir telur ayam

3 sdm gula pasir

1 sdm bungkus ragi instan

2 butir kentang ukuran sedang, dikukus lalu dihaluskan

Sejumput garam

Minyak goreng secukupnya

Gula pasir halus

Vanili

Air es secukupnya

Lap/serbet besar

Isi:

Selai stroberi, selai coklat, meises coklat atau sesuai selera

Cara membuatnya:

  1. Campurkan telur, gula pasir vanili dan garam dalam baskom. Aduk-aduk ringan menggunanakan jari tangan sampai gula larut.
  2. Selanjutnya masukkan ragi, aduk adonan sampai merata
  3. Masukkan tepung terigu, dilanjutkan dengan kentang halus Uleni adonan hingga tercampur rata.
  4. Tuang air es sedikit demi sedikit sambil menguleni adonan. Bila adonan telah kalis (tidak lengket di tangan dan di dasar baskom), berarti air yang ditambahkan sudah cukup.
  5. Basahi serbet dengan air bersih kemudian peras airnya sampai habis. Tutupkan serbet pada permukaan baskom yang berisi adonan donat. Diamkan beberapa waktu.
  6. Setelah adonan mengembang buka serbet tadi lalu tinjulah adonan tadi hingga kempis. Tutupkan kembali serbet tunggu hingga mengembang kedua kalinya.
  7. Ambil sebagian adonan, bentuklah bulat lalu buat lubang di tengahnya. Atau pipihkan adonan kemudian cetaklah dengan cetakan donat. Untuk donat isi, pipihkan adonan, beri isi sedikit lalu tutuplah dan bentuklah bulat atau lonjong. Letakkan donat mentah pada wadah datar yang dialasi tepung terigu supaya donat tidak lengket pada wadah.
  8. Segera goreng donat dalam minyak yang cukup panas. Dinginkan, setelah itu baru dihias sesuai selera.