Mau disebut pizza kok malu ya, karena meskipun mirip, roti ini tidak memenuhi kriteria sebagai pizza sesungguhnya. Kalau pizza kan bentuknya bundar, ada keju mozarella-nya yang bisa lumer kalau dipanggang dan biasanya ditaburi dengan oregano bubuk. Lha kalau pizza aspal ini dibuat dengan memanfaatkan apa saja yang ada di “gudang” bahan makanan alias seadanya, tapi tetap enak kok kata Mas Ganteng. Maklum yang request pizza aspal ini dia sendiri, jadi kalau dia suka dia akan bilang enak….wah Ummi jadi besar kepalanya….^^



Bahan Kulit:

300 g tepung terigu

1.5 sdm gist/ragi roti, dilarutkan dalam sedikit air suam-suam kuku

1 butir telur

2 sdm gula pasir

Minyak goreng secukupnya


Bahan lapisan1:

2 buah tomat, direbus sampai lunak. Buang kuitnya, haluskan bersama 5 sdm gula pasir dan 2 sdm tepung terigu (Kalau terasa ribet, ya bisa diganti dengan saus tomat botolan).

Bahan Lapisan 2:


6 buah sosis, dipotong tipis-tipis

1 ,5  buah bawang bombay, diiris tipis

Garam

Merica

Gula pasir

Bahan lapisan 3:


Aduk jadi satu: 1 butir telur, 1/4 gelas susu kental manis, garam, merica

Taburan:

Seikat seledri, ambil daunnya saja, diiris halus

Kalau punya persediaan keju, juga bisa ditambahkan.


Memasaknya;

  • Kulit: Pecahkan telur dalam baskom. Tambahkan pula gula pasir, garam dan larutan ragi. Aduk-aduk dengan tangan sampai adonan tercampur rata. Tambahkan tepung terigu, aduk-aduk. Tuangkan minyak goreng sedikit-sedikit, sambil diuleni terus hingga adonan kalis (tidak lengket dan lentur).
  • Ambil lap basah yang telah ditiriskan airnya, tutupkan pada adonan. Diamkan selama 1 jam sampai adonan mengembang.
  • Lapisan 2: tumis bawang bombay sampai harum, lalu masukkan sosis. Beri garam, merica, gula dan sedikit air. Masak sampai matang


  • Siapkan loyang kotak, berdiameter 22 cm. Olesi dengan mentega dan taburi permukaannya dengan tepung terigu (sementara itu juga jangan lupa untuk memanaskan oven dengan api kecil)..
  • Giling adonan kulit sampai ketebalan 0,5 cm, lalu pindahkan dalam loyang. Atur supaya seluruh permukaan loyang tertutup adonan kulit.
  • Tuang bahan lapisan 1, ratakan. Dilanjutkan dengan bahan lapisan 2, lapisan 3 dan taburan seledri.


  • Panggang dengan api sedang selama kira-kira 20 menit.


  • Angkat, potong-potong dan sajikan dengan saus sambal botolan.