Hasrat hati ingin segera ngeblog lagi setelah lebaran, namun apa daya…inetnya sedang sangat lemot plus kesibukan rumah tangga yang penuh dinamika membuat hasrat tersendat. Alhamdulillah, meski masih lemot saya kuatkan untuk ngeblog lagi karena daftar tunggu resep2 yang mau dipostingkan sudah agak panjang. Semoga resep-resep yang ada di blog ini bermanfaat bagi para netter. Amiin.

Sejujurnya saya bukanlah koki yang sangat handal dalam hal masak-memasak, apalagi tidak punya pengalaman sekolah memasak-hanya dapat resep warisan ibu dan nyontek tabloid/buku-buku masak-namun tak ada salahnya kan saya berbagi resep di dunia maya karena saya ingin berbahagia dan mendapat pahala dengan berbagi meski hanya melalui resepnya saja, bukan dengan berbagi makanannya ^^……

Baiklah tanpa berpanjang kata lagi, inilah postingan terbaru saya : kukis  choco almond. Rupanya Dik lucu tahu kalau saya punya cetakan kue kering berbentuk bunga, bintang dan love, dan Ramadhan yang lalu dia memaksa saya untuk membuat kue kering. Alasannya sederhana, dia ingin mencetak kue dengan cetakan-cetakan tadi. Itung-itung lagi libur sekolah dan puasa, supaya tidak jenuh akhirnya saya luluskan permintaannya untuk membuat kukis. Eh, Mas ganteng ikut bergabung juga.

Subhanallah, senengnya anak-anak ‘main’  cetak-mencetak dari siang sampai sore. Alhamdulillah teriknya mentari di bulan puasa jadi tak terlalu mereka rasakan. Mereka sibuk menggilas adonan, mencetak, menaburi kue dengan almond cincang, menempelkan choco chip, menatanya di loyang, mengolesi loyang dengan mentega. Alhasil rumah jadi berantakan dan kotor karena ceceran adonan bertebaran di mana-mana. Tapi mereka jadi seneng (ibunya yang ‘senep’ memberesinya…)

Bahan:

75 g gula halus

1 butir telur ayam

½ sdt vanili bubuk

200 g tepung terigu

1 sdm tepung maizena

½ sdt baking powder

25 g coklat bubuk

75 g mentega, dicairkan

10 g corn flakes, ditumbuk halus

Almond slices, dicincang kasar

Rainbow chocho chips

Cara membuatnya:

  1. Campur jadi satu tepung terigu, maizena, corn flakes dan baking powder.
  2. Mentega dicampur dengan coklat bubuk, sisihkan.
  3. Kocok telur dengan gula halus dan vanili sampai mengembang.
  4. Matikan mikser, masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  5. Tambahkan campuran coklat + mentega, aduk rata kembali (Sementara itu panaskan oven dengan api kecil).
  6. Pipihkan sebagian adonan setebal 0.3 cm, buatlah bentuk-bentuk dengan cetakan. Beri hiasan di atasnya dengan almond cincang dan chocho chips.
  7. Letakkan dalam loyang yang telah diolesi mentega.
  8. Panggang selama kira-kira  15 – 20 menit.