Siapa yang tak kenal sayur lodeh? Rasanya, seantero nusantara ini mengenal namanya. Hanya mungkin isinya yang agak berbeda-beda, tergantung kebiasaan daerahnya. Bahkan cara memasaknya pun, hampir semua orang yang biasa masak tahu….Jadi, ngapain ya mesti menampilkan postingan tentang sayur lodeh? Tidak lain karena ingin melengkapi daftar menu sayuran di blog saya ini plus…siapa tahu ada ibu-ibu muda atau calon ibu yang kebingungan mencari-cari resep sayur lodeh…mari-mari disimak bagi yang belum tahu^^.

Bahan:

4 buah terong, dikupas dan dipotong2 sesuai selera lalu direndam dalam air bersih supaya tidak berubah warna

1 ikat kacang panjang, potong2 pendek ya Bu…

Daun melinjo/so kalau ada, dipotong 2 (kalau saya tidak pakai karena pas belanja, tukang sayoernya tidak menjual daun so)

2 buah cabe merah besar, potong2

2 buah cabai hijau, potong2 juga

1 bungkus santan instan

Daun salam, laos, daun jeruk

Bumbu halus:

5 butir bawang merah

5 butir bawang putih

½ sdm ketumbar

1 ujung jari kencur

3 butir kemiri

Garam

Gula pasir

Memasaknya:

  1. Rebus air dalam panci sampai mendidih (banyaknya kira2 ½ tinggi panci).
  2. Masukkan kacang panjang (dan daun so , bila pakai), rebus sampai ½ matang. Lanjutkan dengan memasukkan terong. Rebus sampai terong lunak namun tidak sampai hancur.
  3. Tambahkan bumbu halus bersama laos, daun salam, daun jeruk. Disusul kemudian cabe merah dan cabe hijau besar dan terakhir adalah santan. Aduk2 supaya santan tidak pecah dan sayur lodeh matang. Sajikan.

Catatan:

  1. Lebih enak lagi bila ditambahkan tetelan daging sapi yang telah direbus terlebih dahulu, dan air kaldu rebusan daging digunakan juga untuk kuah sayurnya.
  2. Ada sebagian orang yang menumis dahulu cabe merah dan hijau, bumbu halusnya bersama laos, daun salam dan daun jeruknya supaya lebih sedap.
  3. Ada juga yang menambahkan dalam bumbu halusnya: tempe “bosok” (tempe yang dibiarkan beberapa hari ), katanya sih supaya lebih sedap juga..