Konon, cerita ibu saya dulu…ada sejenis kue yang  seringkali menyebabkan orang-orang asing yang berkunjung ke Indonesia sangat takjub. Mereka seringkali berpikir dan bertanya-tanya, teknik apa yang digunakan oleh orang Indonesia untuk menempelkan satu-persatu wijen pada bulatan kue onde-onde. Betapa pintar dan cermatnya orang Indonesia bisa menempelkannya. Begitu cerita ibu sambil tersenyum. Padahal rahasianya…sungguh sangat sederhana.

Ya, jajanan satu ini tentu sangat tidak asing bagi kita. Dari yang dijajakan  sebesar kelereng sampai yang segede bola tenis, kita tinggal memilihnya. Tapi, ngomong-omong teman-teman sudah pernah mencoba membuatnya sendiri? Ternyata mudah membuatnya..namun perlu sedikit kecermatan supaya hasilnya benar-benar bagus luar dalam.

 

Apa saja bahannya?

Bahan kulit:

250 g tepung ketan putih

Sejumput garam

Air hangat secukupnya

1 ons wijen

3 sdm coklat bubuk

 

Bahan Isi:

1 0ns kacang hijau kupas, dikukus sampai lunak dan mengembang, kemudian dihaluskan

Selanjutnya dicampur dengan sedikit vanili dan 1 ons gula halus. Pulung adonan isi sebesar kelereng atau bola bekel

 

Membuatnya:

1.      Campur tepung ketan dengan garam dan coklat bubuk hingga merata. Gunakan tangan untuk mencampurnya. Setelah itu tuang air hangat sedikit demi sedikit pada adonan sambil diuleni sampai adonan tidak lengket, lentur dan mudah dibentuk.

2.       Pulung adonan sebesar bola bekel atau tenis sampai habis.

3.      Ambil  sebuah bola adonan kulit, pipihkan dengan tangan sampai cukup tipis. Isi lah bagian tengahnya dengan adonan isi. Tutup adonan isi dengan adonan kulit sambil dibentuk menyerupai bola.

4.      Gulingkan dalam wijen sampai seluruh permukaan calon onde-onde tertutup rata. Lakukan sampai adonan habis.

5.      Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Masukkan onde-onde dan oring sampai cukup kering dan matang. Tiriskan dan hidangkan.

 

Tips penting :

(dari pengalaman pribadi ketika membuatnya pertama kali)

a.      Jangan sampai kita menggoreng dengan api terlalu panas karena akan menyebabkan onde-onde pecah/terlalu kering sementara bagian dalamnya masih mentah.

b.      Ketika membuatkan adonan kulit, pipihkan adonan sampai cukup tipis supaya ketika digoreng, bagian dalam kulit onde-onde dapat matang dengan sempurna.

Selamat mencoba !