Iiiihhh pahitt!!! Begitu mungkin komentar sebagian dari kita bila ditawari makan sayur daun pepaya. Dahulu pun saya begitu, sampai terheran-heran setiap melihat Ibu menyantap daun pepaya plus sambal dengan nikmat. Namun sejak  bertemu dengan mertua, eh saya jadi jatuh cinta dengan sayur daun papaya karena daunnya pepayanya sama sekali tidak pahit. Ajaib ya ?? Ternyata memang ada rahasianya lho…..

Apa saja manfaat daun pepaya? Ternyata banyak sekali. Diantaranya adalah pelancar pencernaan, obat jerawat, menambah nafsu makan anak, mengurangi nyeri haid, juga anti kanker lho. So, yuk rame-rame makan daun pepaya…^^

Bahan:

2 ikat daun pepaya, ambil daunnya saja

1 bungkus santan instan

Daun salam, laos, daun jeruk

1 sdm ampo (tanah liat dari tambak garam atau bisa juga tanah liat dari galian ‘rumah’ yuyu/ketam)

Bumbu halus:

Bawang putih, bawang merah, ketumbar, kencur, kunyit secuil, terasi, garam, gula merah

Memasaknya cukup mudah:

  1. Didihkan air dalam panci, kemudian masukkan daun papaya dan ampo. Rebus daun papaya sampai lunak. Ampo inilah yang sangat berjasa untuk menghilangkan rasa pahit dari daun papaya ibu-ibu. Harganya murah sekali. Ketika saya nitip ke mertua yang hendak ke pasar dulu, 1 kg ampo harganya cuma 1000 rupiah.
  2. Setelah lunak, angkat daun papaya dari panci dan tempatkan dalam baskom besar. Tuangkan air bersih ke dalamnya. Cuci daun papaya supaya serpihan tanah liat tidak ada yang menempel pada daun. Tiriskan.
  3. Siapkan panci. Tuangkan air secukupnya, tambahkan santan instan dan bumbu halus. Masukkan pula daun pepayanya. Juga daun salam, laos dan daun jeruk.  Masak gulai sampai matang