TiMuS Istimewah

Bagi anda yang menyukai penganan dari bahan ubi/telo rambat/ketela rambat, resep ini bisa lho dicoba sebagai variasi hidangan untuk keluarga.

Biarpun bahannya sangat sederhana alias very very traditional tapi aroma harum vanili membuatnya nampak sedikit modern (^_^)…dan begitu kita menggigit secuil akan terasa legitnya kue timus ini.

Penampilannya pun bisa kita buat sesuai selera, namun kali ini saya memilih bentuk lonjong seperti kue kroket kentang. Ini dia kroket palsu tapi tetap nikmat rasanya: TiMuS.

Apa aja bahannya? Ini nih:

½ kg ubi/telo rambat, dikupas, dikukus lalu dihaluskan selagi panas.

100 g gula halus

Sejumput garam

Susu kental manis, jumlahnya sesuai selera

1 sdt vanili bubuk

tepung terigu secukupnya

1 butir telur dikocok

Tepung pangko secukupnya

Trus mbuatnya? Begini nih:

  1. Campurkan ubi halus dengan gula halus, garam, vanili dan susu kental manis. Aduk sampai rata dan adonan dapat dibentuk.
  2. Gunakan selembar plastik untuk membuat bulatan-bulatan adonan ubi.
  3. Selanjutnya gulingkan tiap bulatan adonan pada tepung terigu.
  4. Celupkan masing-masing  pada telur kocok dan gulingkan pada tepung panir.
  5. Goreng kue hingga kecoklatan, tiriskan dan sajikan hangat-hangat. Mudah sekali kan?

11 thoughts on “TiMuS Istimewah

    • krispinya biasanya tergantung lama menggorengnya dan ukuran yang digoreng. Semakin lama digoreng semakin lama krispinya bertahan, begitu juga ukurannya : semakin kecil semakin krispi. Tentunya ketika menggoreng nyala apinya sedang2 saja atau cenderung agak kecil supaya tidak gosong. Terima kasih sudah berkunjung.

      Like

  1. tepung pangko itu apa ya mbak? haha, Ibu saya juga biasa buat, tapi saya nggak pernah ikut masak, jadi pas nggak tinggal bareng lagi di Jogja jadi ya nggak bisa masak. Tapi setau saya nggak pake susu juga bisa kan ya?

    Desi: tepung pangko itu tepung roti yang berasal dari roti tawar yang dihancurkan dan dikeringkan. banyak kok di supermarket or mini market. Pakai susu atau tidak tidak masalah, tergantung kreasi dan selera saja…

    Like

Leave a comment