20131211_172835

 

 

Ayam panggang satu ini memang rasanya lain dari pada yang lain, apalagi aromanya ketika dan setelah dibakar…mmmm Masya Allah haruuuum sekali menyebar kemana-mana. Sampai-sampai si Thole tidak sabar ingin segera menyantapnya.

Ide resep ini pun dari si Thole, katanya,” Ummi bikin ayam bakar barbekyu dooong…” Akhirnya gogling sana-sini, diracik-racik sendiri…jadilah resep favoritnya ini Alhamdulillaah.

Disantap dengan apa nih ayam panggang BBQ? Mau gaya mBarat bisa: pake kentang goreng /pure kentang, sayuran rebus  (wortel, buncis, kembang kol) dan saus BBQ. Mau gaya ngIndonesia ya nggak masalah: nasi putih, tumis kangkung/kacang panjang/sayuran lainnya dan sambal BBQ ‘ala Tholeku….tinggal dipilih mana yang paling sreg.

Bahan:

1 kg daging ayam, potong-potong sesuai selera

Air secukupnya

 

Bumbu Ayam Panggang BBQ:

3 siung bawang putih, dihaluskan

Garam secukupnya

Merica secukupnya

3 sdm saus barbeque

1 sdm minyak wijen

1 sdm madu murni

1 sdm minyak zaitun

 

 

20131211_172937

 

Bumbu Sambal Ayam Panggang BBQ:

4 -5 buah cabai rawit

1 buah tomat ukuran kecil

1 sdm saus BBQ

1 sdm saus tomat

Garam secukupnya

1sdm minyak goreng

 

Cara memasaknya:

  1. Campur semua bumbu ayam panggang dalam wajan/panci. Tuangi air secukupnya. Masukkan daging ayam ke dalamnya. Masak dengan api sedang sampai ayam matang, bumbu meresap dan kuah mengental.
  2. Siapkan alat pemanggang, panaskan.  Panggang masing-masing ayam sambil diolesi sisa bumbu yang mengental.
  3. Sambal: goreng cabai dan tomat, lalu dihaluskan. Kemudian campur cabai dan tomat halus tadi dengan garam,  saus BBQ dan saus tomat. Masak di atas api kecil sampai meletup-letup. Angkat dan sajikan.