Loh koq begitu judulnya???

Maaf Uni….berhubung mau memberi judul Rendang Padang tidak pede karena yang masak bukan orang Padang atau Sumatra tapi asli Jawa hehehe..

Sudah cukup lama si Thole request resep rendang karena dia sukaaa sekali makan rendang bahkan tidak pernah bosan meski terus menerus memakannya.

Akhirnya setelah membuka-buka buku resep jadul punya Ibu, bertemulah saya dengan resep rendang dan saya mencoba mempraktekkannya. Alhamdulillah lumayan berhasil (setelah pernah gagal 1 kali dulu) meski mungkin cita rasanya tidak pas untuk orang Padang. Namun cukup pas buat kami…

Oya ada penilaian tersendiri dari mencoba resep ini: betapa sabarnya ya orang Padang memasak satu menu sampai berjam-jam begini dan betapa kayanya orang Padang karena satu menu saja bumbunya rrruarr biasa banyaknya…bahasa lebaynya: ngabisin bumbu satu gerobak tukang sayur  xixixi…

20140117_164216

Bahan:

1/2 kg daging sapi tanpa lemak, dipotong-potong lalu direbus sampai 1/2 matang

1 l santan dari 1,5 butir buah kelapa ukuran besar

1 buah daun serai

1 tangkai daun kunyit (kalau ada)

5 lembar daun salam

5 lembar daun jeruk

secuil asam kandis

sejempol laos

1 sdm gula merah (atau sesuai selera)

garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

5 siung bawang putih

12 siung bawang merah

2 0ng cabe merah besar, dibuang bijinya

1/2 jempol jahe

1/2 jempol kunyit

5 buah kemiri

1 sdm merica bulat

Mengolahnya:

1. Siapkan wajan yang cukup besar.

2. Masukkan bumbu halus bersama santan, daun serai, daun salam, daun jeruk, daun kunyit dan laos.

3. Aduk rata lalu masak sampai mendidih. Hati-hati jangan sampai santannya meluber dari wajan karena api terlalu besar dan tidak diaduk.

4. Masukkan daging, tambahkan gula dan garam sesuai selera. Masak terus sampai kuah mengental.

5. Kecilkan api, aduk-aduk masakan terus hingga keluar minyaknya dan bumbu berubah menjadi hitam kemerahan atau coklat tua…teruuuus sampai benar2 menyusut santannya,  menghitam bumbu dan minyak keluar banyak.

6. Masakan harus terus diaduk dan api harus kecil supaya bumbu tidak gosong dan lengket di dasar wajan. Jangan sampai ditinggal ngrumpi dengan tetangga. Dijamin hangus rendangnya…

7. Proses memasaknya mungkin sekitar 3 – 4 jam.

Demikian cara memasak rendang, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk ibu-ibu yang ingin mencobanya. Silahkan mencoba resep-resep mudah yang lainnya..