PicsArt_1393650811823

 

Salah satu kebiasaan si Thole adalah, kalau dia menyukai jajanan yg dijual di pedagang kaki lima maupun yang ‘tidak berkaki’ : dia akan meminta kepada umminya untuk membuatkan kue tersebut di rumah.

Kebiasaan yang baik sekali karena jadi bisa menghemat rupiah, bisa menghasilkan jumlah kue yang cukup banyak dengan biaya yang wajar, dan supaya umminya jadi punya banyak kerjaan di rumah hehehe…

Alhamdulillah setelah gogling sana sini, nyoba beberapa kali..akhirnya saya merasa sudah bisa membuat kue terang bulan/martabak manis ini.  Maka dengan segala keterbatasan kemampuan tapi tetap pede (hehehe), saya ingin berbagi resep ini dengan para ibu. Silahkan disimak step-stepnya yang cukup mudah ini.

Oya saya menggunakan cetakan terang bulan berdiameter 10 cm, makanya saya sebut kue ini terang bulan setengah mini. Kalau ibu tidak punya, ibu bisa menggunakan cetakan kue lumpur….jadilah terang bulan mini.

Bahan Terang Bulan:

400 g tepung terigu

80 g gula pasir

5 g ragi instan

4 g garam halus

2 butir telur

450 ml air

2 g soda kue

sedikit vanili

50 g mentega dicairkan

Bahan Olesan:

margarin secukupnya

Bahan Toping:

coklat beras secukupnya

keju parut secukupnya

 

Membuatnya:

1. Campur telur , garam dan gula dalam satu wadah. Kocok dengan balloon whisk supaya gula larut.

2. Selanjutnya masukkan ragi instan, aduk2 sampai merata.

3.  Masukkan tepung terigu, soda kue dan vanili

4. Tambahkan mentega cair, dilanjutkan air secukupnya. Aduk-aduk supaya adonan rata dan cukup encer.

5. Diamkan dalam suhu ruang selama 1/2 – 1 jam.

6. Panaskan wajan terang bulan dengan api keciiil (supaya bagian kulit tidak terlalu gosong bu). Oleskan mentega secara merata pada wajan dengan kuas.

7. Tuangkan 1-2 sendok sayur adonan, lalu oleskan sebagian kecil adonan tersebur di bagian dinding wajan menggunakan punggung sendok sayur supaya membentuk pinggiran kue.

8. Tutup wajan, biarkan beberapa saat sampai kue matang.

9. Keluarkan kue, letakkan di atas permukaan datar. Olesi dengan mentega, setelah itu taburkan coklat beras atau keju parut di atasnya hingga permukaan tertutup penuh.

10. Siap santap! mmmm yummy….
Terang bulan2