PicsArt_1405932346576

 

Kukis ini mengingatkan saya akan masa kecil dan membuat saya terkenang dengan rumah nenek. Dulu, sering sekali masyarakat di kampung nenek mengadakan kenduri/selamatan lalu memberi hantaran berisi nasi, lauk-pauk, dan kue. Saya senang sekali kalau mendapat hantaran ini, bahkan suka bertanya ada yang kendurian nggak hari ini karena berharap hantarannya hehehehe. Salah satu kuenya ya kue semprit ini. Bedanya, kuenya terdiri dari 3 kuntum bunga, 2 warna kuning dan 1warna coklat. Waktu itu kue ini adalah kue terenak di desa nenek menurut saya.  Sekarang kue ini kadang-kadang masih ada di hantaran masyarakat desa nenek/ibu bila ada hajatan pernikahan.

Alhamdulillah awal Ramadlan kemarin nemu resep kukis ini di bonus sebuah tabloid. Jadilah saya membuat kukis ini untuk keluarga tercinta dan oleh2 mudik nanti. Moms mau mencoba juga? Mudah kok membuatnya, yuk disimak proses pembuatannya..

Bahan untuk 1 resep:

225 g mentega

100 g gula halus

sejumput garam

250 g tepung terigu protein sedang

1/2 sdt baking powder, dicampur dengan tepung terigu

pasta coklat secukupnya

1 buah kuning telur

 

Peralatan khusus:

2 buah spuit bentuk  bunga

plastik segitiga

 

Cara membuat:

1. Kocok gula halus, mentega dan garam sampai tercampur rata.

2. Masukkan kuning telur sambil adonan dikocok terus.

3. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, sambil adonan diaduk/dikocok.

4. Adonan dibagi 2, 1 bagian diberi pasta coklat.

5. Masukkan masing-masing bagian adonan ke dalam plastik segitiga.

6. Siapkan 2 plastik segitiga kosong, gunting sedikit ujungnya. Lalu masukkan spuit bunga dari bagian dalam sehingga menggantung diujung plastik yg digunting tadi. Gunting ujung plastik yang berisi adonan, lalu masukkan plastik berisi adonan ke dalam plastik segitiga yg kosong. Genggam pangkal plastik supaya adonan tidak luber ketika disemprotkan ke loyang.

7. Siapkan loyang yang telah disemir mentega, kemudian semprotkan adonan putih dan coklat berdampingan (saling menempel) sampai habis.

8. Panggang dalam oven dengan api agak kecil selama kurleb 30 menit.

Puas rasanya kalau kita bisa membuat sendiri kue-kue untuk hidangan keluarga tercinta kan, meskipun di pasaran sudah tersedia  kue lebaran beraneka jenis dan kualitas.