singkong

 

Hehehe tanggal tua postingannya yang murah meriah saja: singkong goreng atau pohong goreng kata orang Suroboyo sana. Meskipun tidak selevel n sekeren dengan aneka cake dan roti di bakery shop namun makanan ini masih cukup digemari sebagian masyarakat Indonesia. Buktinya? para tukang sayur di kota Jakarta dan sekitarnya rajin membawa umbi-umbian ini dan biasanya lariiis manis.

Kunci utama sukses membuat singkong goreng adalah pemilihan singkongnya. Sebaiknya singkong yang dipilih adalah singkong yang masih baru dipetik dan dari jenis yang tidak kacel (apa ya Bahasa Indonesianya kacel ibu-ibu?). Kacel itu maksudnya tidak bisa mekar kalau direbus/dikukus.

Tips selanjutnya? Simak di bawah ini:

Bahan:

1 kg singkong, dikupas, dipotong-potong dan dicuci bersih

air secukupnya

minyak goreng secukupnya

 

Bumbu halus:

3 siung bawang putih

1 sdm ketumbar

1,5 sdm garam (atau sesuai selera)

sedikit kunyit kalau suka singkongnya kelihatan kuning cantik seperti yang menggoreng

 

Mengolahnya:

1. Kukus singkong dalam klakat/dandang sampai matang dan mekar.

2. Campur singkong dan bumbu halus dalam satu wadah yang cukup besar. tambahkan air sampai seluruh singkong terendam. Aduk-aduk sampai rata lalu diamkan selama 1  – 1,5 jam supaya bumbu meresap sempurna.

3. Tiriskan singkong2 tersebut lalu goreng dalam minyak panas dan hidangkan.

 

Nah, mudah sekali kan tipsnya? Semua orang juga bisa membuatnya, hanya saja tak semua orang tahu tips mudah ini. Dulu pas ada tamu datang ke rumah kemudian saya suguhi singkong goreng ini, eh dia kemudian sibuk bertanya cara mengolahnya sehingga selezat ini singkong gorengnya dan ingin meniru cara saya. Saya yakin moms juga mampu membuatnya…..

 

 

 

Advertisements