Ini pertama kalinya saya mencoba membuat JCC dan Alhamdulillaah BERHASIL! Senangnya….jadi nggak merasa rugi deh belanja bahan-bahan yang agak mahal pas tanggal tua begini. Cakenya super lembuut, enaaak but lumayan berat alias sangat mengenyangkan karena kandungan creamnya banyak. Jadi kalau moms mau makan cake ini, sebelumnya kosongkan dulu perutnya supaya tidak sampai jadi eneg daan makanlah dengan potongan yang kecil.jcc

Tanpa topping apapun sudah enak, apalagi diberi tambahan topping selai stroberi, coklat atau lainnya…Untuk topping stroberi, contohnya seperti foto di bawah ini:

Resep-Membuat-Strawberry-Cheese-CakeSumber: http://www.resepmasakankhas.com/resep-membuat-strawberry-cheese-cake-enak/#_

Satu kesalahan saya kemarin adalah memberi topping dengan DCC cair padahal cakenya lembut dan sensitif terhadap perlakuan yang sedikit keras/kasar. Akibatnya ketika DCC nya mengeras, cakenya jadi rusak ketika diiris. Pelajaran yg dapat saya ambil adalah, pemberian topping untuk JCC harusnya yang bersifat lembut juga.

jccrTopping buatan saya yang sedikit keliru..

  Ok, yuk kita simak resep pembuatannya di bawah ini. Untuk bahan-bahannya, saya mengikuti resep yang ada di web di atas, sedangkan untuk step2 pembuatannya saya mengikuti tutorial yang ada di youtube (lupa videonya yang mana) yang sedikit berbeda dengan yang ada di web2 umumnya.

Bahan:

60 g tepung terigu protein sedang

50 g tepung maizena

70 g butter (saya pakai margarine blue band)

250 g cheese cream

120 ml whipping cream (karena saya pakai whip cream bubuk, saya ambil setengah bungkus lalu ditambah air es kira2 1 gelas Tupperware yang ukuran sedang. Dikocok dengan mikser sampai menjadi cream)

6 butir kuning telur

6 butir putih telur

125 g gula pasir

¼ sdt garam

 

Langkah2 pembuatan :

  1. Panaskan oven dengan suhu kecil. Masukkan ke dalam oven, sebuah loyang besar berisi air setinggi 1/3 bagian Loyang.
  2. Lapisi Loyang bulat diameter 20 cm dengan margarine, lalu lapisi dasar dan dindingnya dengan kertas roti. Olesi permukaan kertas roti dengan mentega dan taburi tepung terigu. Kalau kita tidak memakai kertas roti, kita akan sangat kesulitan untuk mengeluarkan cake ini dari Loyang setelah matang. Oya, pastikan Loyang ini tidak bocor karena cake akan dipanggang secara steam bake (Loyang ini dimasukkan dalam Loyang besar yang berisi air). Kalau ternyata loyangnya bocor, lapisi dasar Loyang bagian luar dengan aluminium foil.
  3. Ayak tepung terigu dan maizena sehingga tercampur rata.
  4. Kocok kuning telur bersama butter, cheese cream dan whipping cream. Masukkan campuran tepung, kocok terus sampai tercampur rata. Sisihkan.
  5. Dalam wadah terpisah, kocok putih telur dengan kecepatan mikser sedang. Masukkan secara bertahap gula pasir hingga habis. Selanjutnya masukkan garam. Kocok sehingga menghasilkan kocokan yang soft peak.
  6. Ambil wadah berisi adonan kuning telur.Tuang secara bertahap adonan putih telur ke dalamnya sambil adonan diaduk lembut secara satu arah. Lakukan pengadukan terus sampai putih telur habis dan kedua adonan tercampur rata.
  7. Masukkan adonan ke dalam Loyang berlapis kertas roti, masukkan ke dalam loyang berisi air yang telah dipanaskan. Oven selama kira2 60 menit dengan api sedang.
  8. Untuk mengetes kematangan, gunakan tusuk gigi atau tusuk sate yang bersih. Bila tidak ada adonan yang menempel pada tusuk tersebut, berarti kue telah matang.
  9. Tunggu adonan sampai benar2 dingin, baru keluarkan dari Loyang dengan hati2 karena cake ini sangat lembut sehingga mudah rusak/hancur dengan sedikit tekanan.
  10. Hias dengan selai dan buah, simpan dalam kulkas. Hidangkan dalam keadaan dingin.

Selamat mencoba……….