chiffon1

Saya telah membaca beberapa kisah tentang kegagalan para ibu ketika mencoba membuat chiffon cake. Ada yang gagal 2 kali, 3 kali bahkan sampai 10 kali…baru setelah itu berhasil. Nah, ketika saya hendak mencoba resep ini, saya jadi berpikir: saya akan gagal berapa kali ya??? Daan jawabannya adalah: saya tidak ingin gagal! Maka, saya coba cermati betul cara2 pembuatan chiffon cake ini, baik berbentuk tulisan maupun video dengan harapan saya tidak akan gagal. Masya Allah, doa saya dikabulkan Allah. Baru pertama kali mencoba, Allah menghendaki saya BERHASIL membuat chiffon cake. Alhamdulillaah, bahagiaaa sekali rasanya…….

chiffon4ket: ngaduk pewarnanya kurang rata nih kemarin, jadi ada warna hijau yang tebal

Begitu matang, dingin, diiris dan dicicipi….mmmmm nikmat dan lembuut sekali cake ini. Apalagi teksturnya ringaan, nggak bikin kekenyangan n eneg. Sepertinya saya bakal sering-sering membuat cake ini dengan rasa yang bervariasi deh…yuk, siapa yg mau mencoba?? Atau mau pesen juga boleh…

Oya, untuk pembuatan chiffon cake ini gunakan loyang khusus yang bisa dibongkar pasang supaya mudah mengeluarkan cakenya. Kemudian, jangan mengolesi loyang dengan mentega/minyak karena bisa menyebabkan cakenya ambles/turun.

 

loyang2

 

Bahan A:

150 g tepung terigu protein sedang

1 sdt baking powder, campur dengan tepung terigu

5 kuning telur

50 ml minyak goreng

2 sachet santan instan

Pasta pandan secukupnya

 

 

Bahan B:

5 putih telur

150 g gula pasir

½ sdt garam

1 iris jeruk nipis (pengganti cream of tar tar) –> tidak pakai pun tidak apa-apa asal yakin putih telurnya sudah cukup kaku

 

 

Membuatnya:

  1. Campur bahan A dan aduk menggunakan whisker sampai tercampur rata. Sisihkan.
  2. Bahan B : Kocok putih telur dengan mikser berkecepatan sedang.Lalu masukkan gula pasir secara bertahap, lanjutkan dengan memasukkan garam dan perassan jerus nipis. Kocok terus hingga kaku. Adonan dikatakan kaku apabila adonan ini diambil dengan sendok, dia akan menempel di sendok dan tidak jatuh/menetes.
  3. Ambil adonan A. Kemudian masukkan secara bertahap adonan B ke wadah adonan A sambil diaduk-aduk lembut dengan whisker secara satu arah. Lakukan terus sampai adonan B habis.
  4. Tuang adonan dalam Loyang tulban bongkar pasang (INGAT MOMS, LOYANG TIDAK USAH DIOLESI MENTEGA SUPAYA ADONAN TIDAK TURUN/AMBLES).
  5. Oven selama kira2 60 menit dengan api sedang.
  6. Setelah matang keluarkan Loyang dan balik Loyang seperti gambar di bawah. Kalau loyangnya tidak ada kakinya seperti pada gambar, balikkan Loyang dengan bagian tengah Loyang dicantolkan pada botol . Tunggu sampai cake benar-benar dingin.

chiffon3

  1. Untuk mengeluarkan cake dari Loyang, gunakan pisau roti lalu tusukkan pada bagian dinding Loyang perlahan. Setelah itu lepaskan cake dari dindingnya. Selanjutnya, tusukkan pisau ke bagian alas Loyang dan bagian tengah Loyang. Kemudian lepaskan cake dari dasar Loyang pelan2….

 

Silahkan mecoba Ibu-Ibu, semoga sukses seperti saya..aamiin..