kaldu ayam bubuk Sekitar seminggu yang lalu, seorang kawan di FB menshare status temannya tentang tema ini. Sayang sekali saya lupa namanya sehingga tidak bisa mencantumkan nama beliau sebagai narsum. Insya Allah kalau nanti ketemu namanya, saya akan mencantumkannya…atau adakah yang tahu?

Bubuk kaldu ayam ini mudah membuatnya, bahannya pun mudah didapatkan. Cuma…mengerjakannya memang butuh waktu yang agak lama karena harus menyangrai dan mengoven sampai kering. Meski begitu, tidak ada salahnya kita mencoba membuat bumbu praktis ini karena bisa mengurangi pemakaian kaldu bubuk ber msg. Mau bikin ayam goreng tepung, tempe goreng tepung atau cumi goreng tepung dan masakan apaa saja jadi lebih praktis dan lebih enak. Lebih sehat juga kaan…

Oya, tekstur bubuk kaldu saya terlihat agak kasar ya? Mohon dimaklumi karena saya menggunakan food processor manual alias uleg-uleg dan cowet/layah hehehe. Memang hasilnya tidak selembut bila memakai food processor elektrik, tapi yang penting…yang penting….rasanya Buk!

Bahan n Bumbu:

250 -300 g daging ayam, dibersihkan lalu dibuang kulit dan tulangnya, kemudian diblender

1 buah wortel yang cukup besar, dikupas, dipotong kecil2 lalu diblender

2 batang seledri, diblender

20 siung bawang putih, diblender

1 sdm garam

 

Membuatnya:

1. Campur semua bahan dan bumbu jadi satu dalam wajan, lalu sangrai sampai kandungan  air habis.

2. Angkat bahan kaldu bubuk, haluskan dengan food processor ataupun secara manual dengan uleg-uleg.

3. Masukkan bahan kaldu bubuk dalam loyang, ratakan lalu panggang dalam oven sekitar 10 -15 menit.

5. Keluarkan sebentar, haluskan seperti no 2, lalu masukkan kembali dalam loyang dan panggang sampai bubuk benar-benar kering.

6. Oya, gunakan api kecil saja saat memanggang/mengoven bahan kaldu supaya menghasilkan warna kekuningan yang cantik, tidak gosong.

7. Dinginkan kaldu bubuk lalu simpan dalam toples kaca.

8. Sekarang kaldu bubuk siap digunakan..